Kabardewata.com

Pariwisata

Pelabuhan Benoa Banjir Kapal Pesiar

Kategori Pariwisata, March 03, 2016, Dilihat sebanyak 230 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kabardewata - Bukan pertama kalinya Pelabuhan Benoa kebanjiran kapal pesiar, sejak tahun 2014 dan 2015 kedatangan kapal pesiar tercatat mengalami peningkatan yang baik. Pada tahun 2014 tercatat 49 unit kapal pesiar sedangkan tahun 2015 sebanyak 58 kapal pesiar. Pada tahun 2016 rencana kedatangan kapal sebanyak 56 unit kapal. 

Akhir Februari hingga awal Maret 2016, sebanyak 5 unit kapal pesiar berturut-turut singgah dikapal pesiar hingga sempat membuat manajemen PT Pelindo III (Persero) Cabang Benoa agak kewalahan untuk mempersiapkan tambatan dan pembagian personil untuk memberikan pelayanan terminal.

“Tahun 2016 adalah awal tahun yang cukup padat untuk jadwal kedatangan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa. Hingga hari ini (01/03/16), sebanyak 13 kapal pesiar sudah mengunjungi Pelabuhan Benoa. Dari 13 unit kapal pesiar yang datang, 13 unit sandar dan sisanya berlabuh karena panjang kapal yang melebihi panjang dermaga ataupun karena penuhnya tambatan di dermaga sehingga tidak dapat sandar,” Capt Ali Sodikin, GM Pelindo III Benoa menjelaskan.

Lebih lanjut Ali menjelaskan, hingga saat ini, kapal pesiar yang paling lama bersandar di Pelabuhan Benoa adalah MV Crystal Serenity selama 5 hari. Total jumlah lama masa berkunjung kapal di Pelabuhan Benoa dengan 13 unit kapal pesiar adalah 26 hari dengan total penumpang sekitar 15.132 orang penumpang. 

“Semakin lama kapal berkunjung di suatu tempat maka semakin besar pula dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Karena menurut data yang dihimpun Kementrian Pariwisata pada tahun 2015, wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia dalam sehari dapat membelanjakan minimal $100 – $150. Jadi efek domino bagi masyarakat sekitar cukup besar,” ungkapnya.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image