Kabardewata.com

Pariwisata

Masifnya Promosi Wonderful Indonesia, Branding Malaysia Truly Asia mulai Redup

Kategori Pariwisata, April 04, 2016, Dilihat sebanyak 235 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Branding Malaysia Truly Asia saat ini dipastikan sudah mulai meredup, pasca Kementrian Pariwisata Republik Indonesia meluncurkan Wonderful Indonesia pada tahun 2014 lalu. Progres positif itu tentunya bukan tanpa keringat, baik oleh kementrian pariwisata maupun dari para penggiat kepariwisataan Tanah Air. Pernyataan itu dikemukakan Pengamat sekaligus Praktisi Kepariwisataan Bali, Ida Bagus Lolec Surakusuma kepada Kabar Dewata , di Denpasar, Senin (41/04/2016).

Gus Lolec mengakui, saat ini branding Malaysia semakin meredup dan nyaris tenggelam, akibat masifnya pola promosi Wonderful Indonesi yang dilakukan Kementrian Pariwisata.

"Branding ini kan, Indonesia punya branding yang disebut Wonderful Indonesia. Kalau Malaysia dia kan, selalu mengatakan Malaysia Truly Asia. Tapi dengan adanya Wonderful Indonesia, itu brandingnya Malaysia itu, yang disebut dengan Malaysia Truly Asia itu semakin meredup. Ini berarti kekuatan branding kita sudah bagus," ucapnya.

Selain secara nasional, Ida Bagus Lolec Surakusuma berpendapat, Kementrian Pariwisata harus berpikir soal brand dimasing-masing destinasi di Indonesia. Menurutnya, ada 16 destinasi di Indonesia, yang sudah memenuhi syarat dari sisi aksesibilitas, fasilitas dan SDM kepariwisataan, wajib dibuatkan branding tersendiri diluar Wonderful Indonesia. Upaya itu, secara tidak langsung akan memperkenalkan kekayaan destinasi, yang menjadi senjata utama Indonesia, dalam menunjukkan dominasi diantara negara kompetitor, minimal dikawasan Asia Tenggara.

Langkah lain yang juga harus dilakukan, menurut Gus Lolec yaitu dengan menentukan pola promosi luar negeri, sesuai dengan pangsa dan potensi pasar yang dapat disumbangkan dari negara tersebut. Ia mencontohkan, pasar di Amerika Serikat yang berbeda 180 derajat dengan pasar Tiongkok, ataupun begitu pula sebaliknya


Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image