Kabardewata.com

Pariwisata

GIPI Bali dan Pemerintah Diminta Kaji Data Kekuatan Destinasi

Kategori Pariwisata, May 23, 2016, Dilihat sebanyak 157 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Salah seorang pengamat sekaligus praktisi kepariwisataan Bali, Ida Bagus Lolec Surakusuma kepada Kabar Dewata  dikediamannya Senin (23/5/2016) mengatakan, Bali selama ini belum memiliki data yang menunjukkan kekuatan destinasi. Oleh karena itu, Ketua GIPI Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana yang baru terpilih Sabtu 14 Mei 2016 lalu, bersama pemerintah diminta untuk segera mengkaji data kekuatan destinasi, agar potensi kepariwisataan Pulau Dewata dapat lebih dioptimalkan. 

"Ketua GIPI yang baru dipilih bersama pemerintah harus memiirkan ini. Selama ini kan kita belum punya basis data. Jadi pengembangan kita belum jelas, harus ada relnya, supaya sektor kepariwisatana kita lebih optimal," katanya.

Sejauh ini Bali belum memiliki data potensi pengembangan kepariwisataan dari berbagai sektor. Padahal jika dilihat dari potensi yang ada, Bali dapat dikembangkan dari sejumlah sektor tidak sebatas Meeting, Insentive, Conference and Exhibition (MICE) ataupun Leisure, juga menyimpan daya tarik untuk wisatawan charter, cruises, yacht dan wedding tourism

Ida Bagus Lolec Surakusuma lebih lanjut mengatakan, basis data itu juga dapat memperkuat strategi pengembangan kepariwisataan, tanpa meninggalkan akar seni dan budaya yang selama ini menjadi modal pengembangan destinasi. Ia mengaku khawatir pesatnya perubahan diera globalisasi, berakibat pada melunturnya seni dan budaya Bali. Jika itu terjadi, maka Bali tidak akan ada bedanya dengan destinasi lain di Indonesia ataupun diluar negeri, dan itu dipastikan akan berpengaruh pada minat calon wisatawan mancanegara datang ke Pulau Dewata. 

"Basis data itu juga perlu untuk menjaga eksistensi seni dan budaya. Karena kalau seni dan budaya itu luntur, Bali tidak ada bedanya sama destinasi lain. Dan jika itu terjadi, sudah pasti Bali akan ditinggal wisatawan," tegasnya


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image