Gaet Wisman, PUTRI Akan Optimalkan Keberadaan DTW

Kategori Pariwisata, July 20, 2017, Dilihat sebanyak 97 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Keberadaan Daya Tarik Wisata (DTW) tak dipungkiri menjadi salah satu amunisi Bali untuk mendatangkan calon wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Melihat potensi itu, kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi (PUTRI) Bali akan berupaya mengoptimalkan DTW yang tersebar di sembilan Kabupaten/Kota di Pulau Dewata.

Ketua Umum DPD PUTRI Bali masa bhakti 2018-2021, I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha kepada wartawan di Sekretariat DPD PUTRI Bali, di Denpasar, Rabu (19/7/2017) menyampaikan, sebagian besar wisatawan yang datang ke Bali, memiliki ketertarikan terhadap DTW atau objek wisata yang ada. Hanya saja ia tak memungkiri kondisi itu belum didukung secara maksimal dari sisi pengelolaan dan sentuhan pemerintah. 

Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha yang akrab disapa Gek Inda ini menilai, tanpa optimalisasi objek wisata, kepariwisataan Bali tidak akan bergerak sesuai harapan

"Memaksimalkan potensi itu perlu dilakukan dari 3 sisi, mulai dari pembenahan objek wisata, pengelola, dan regulasi pemerintah. Ketiga hal itu harus berjalan seiring, jika ingin melihat DTW kita memiliki power dalam menggaet calon wisatawan. Itu yang akan kita lakukan di PUTRI," ucapnya. 

 "Oh besar saya rasa. Kalau tidak ada daya tarik wisata atau wisata minat khusus, apa yang mau dicari. Mau sekeren-kerennya hotel, atau tebing yang indah, tidak akan mungkin bisa buat wisatawan betah. Masak cuma mau diam dihotel saja selama di Bali," ujarnya. 

Secara internal, Gek Inda mengaku akan melakukan pembenahan diseluruh sektor guna memaksimalkan kinerja kepengurusan PUTRI Bali. Pembenahan itu diyakini berbanding lurus pada upaya optimalisasi seluruh DTW yang ada di Pulau Dewata. 

"Kita disini (PUTRI) harus bergandengan tangan. Meski diluar kita bersaing dengan label perusahaan masing-masing, tetapi kalau sebagai anggota PUTRI, kita harus bersanding untuk mengoptimalkan potensi Bali sebagai barometer kepariwisataan Indonesia," katanya.

Optimalisasi diharapkan mampu mendukung seluruh canangan pemerintah. Ambisi terbesar adalah mewujudkan target Kementerian Pariwisata RI mendatangkan 15 juta wisatawan tahun 2017, dan 20 juta wisatawan di tahun 2019. Hal itu pun dikatakan menjadi konsern kepengurusan DPD PUTRI masa bhakti 2018-2021 yang akan dikukuhkan Jumat 28 Juli 2017, di Gedung Ksirarnawa.  

"Kita juga akan bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), karena yang dipromosikan adalah objek wisata didestinasi yang merupakan anggota PUTRI. Dan kita harus berbenah diri, karena bagaimana pun juga kepercayaan diri dalam berpromosi akan muncul ketika objek wisata yang kita miliki benar-benar menarik bagi pasar wisatawan. Kita juga akan menggandeng Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (ASITA), dan juga Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) untuk mendapatkan input yang maksimal," ungkap mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bali tersebut. 

Sementara Sekretaris Umum DPD PUTRI Bali, I Wayan Wijana pada kesempatan yang sama meyakini, DPD PUTRI Bali masa bakti 2018-2021 yang terdiri dari 42 pengurus sekaligus anggota mampu berkontribusi nyata terhadap kepariwisataan Bali. Disebut keanggotaan DPD PUTRI Bali terdiri 5 kategori meliputi nature, culture, religious, village, dan palace. Kekuatan itu menjadi modal pihaknya dalam menggerakkan roda kepariwisataan melalui potensi DTW. 

"Komitmen kita adalah bagaimana teman-teman kita yang terakomodir dalam PUTRI dan belum masuk anggota, kita bersama-sama menghidupkan pariwisata Bali secara menyeluruh," katanya. 

Berbicara PUTRI Bali, organisasi yang berada dibawah Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali itu akan menggelar pengukuhan kepengurusan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (28/7/2017). Pelantikan akan dilakukan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Seluruh stakeholder kepariwisataan termasuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) daerah pemilihan (dapil) Bali diproyeksikan hadir dalam kegiatan tersebut

Sumber:

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST pariwisata LAINNYA