COVID-19, The Nusa Dua Lakukan Mitigasi 

COVID-19, The Nusa Dua Lakukan Mitigasi 

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Balidan The Mandalika, NTB, melalui Strategic Business Unit (SBU) The Nusa Dua, terus menjaga kondisi kawasan The Nusa Dua dengan melakukan langkah mitigasi penyebaran Pandemi Virus Corona atauCovid-19 dan memonitor kesehatan mereka yang bekerja dan berwisata di dalam kawasan.

Langkah-langkah mitigasi yang telah dilakukan diantaranya mengeluarkan surat himbauan penyediaan dan penggunaan hand sanitizer kepada para tenant hotel dan fasilitas di The Nusa Dua pada tanggal 13 Februari 2020 dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah titikdiantaranya, toilet publik, mushola, stan kuliner yang dikelola paguyuban masyarakat, pospengamanan, mesin ATM dan shuttle bus pada tanggal 7 Maret 2020.

 Langkah ini sejalan denganSurat Edaran dari Sekretaris Daerah Provinsi Bali tentang peningkatan kewaspadaan penyebaranpenyakit akibat virus corona (COVID-19) melalui gerakan hygiene dan sanitasi lingkungan.

Tenant dan fasilitas di kawasan The Nusa Dua juga telah diwajibkan untuk melakukan pengecekansuhu tubuh baik bagi karyawan masing-masing maupun pengunjung, melaksanakan kegiatankebersihan secara rutin didalam bangunan/lingkungan hotel/restoran/tempat usaha lainnya,

menyiapkan Crisis Center sebagai tempat pengaduan pengunjung/tamu jika diiindikasi ada gejala diluar kondisi normal, melakukan mitigasi jika ada suspect dan membawa ke rumah sakit terdekat,

serta melakukan monitoring berkala dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

“Melalui langkah-langkah mitigasi yang telah kami lakukan, kami berharap dapat terus mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di kawasan The Nusa Dua,” papar Managing Director The Nusa Dua I GustiNgurah Ardita baru-baru ini.

Dengan satu kantor pengelola, 24 hotel dan 6 fasilitas, tercatat 10.713 orang bekerja di kawasan TheNusa Dua. Sedangkan jumlah wisatawan yang menginap di The Nusa Dua hingga 26 Maret mencapai

23.412 orang.Di kalangan internal, mengikuti kebijakan korporasi, SBU The Nusa Dua telah menerapkan kebijakan

bekerja dari rumah (Working From Home-WFH) pada tanggal 16 Maret – 5 April 2020, kecuali bagimereka yang bertugas menjaga keamanan dan kebersihan kawasan.

“Selain memastikan kondisi kesehatan harian para petugas keamanan dan kebersihan kawasan, kami

juga melengkapi mereka dengan Alat Pelindung Diri (APD) dalam mengemban tugas sehari-hari,0sehingga mereka dapat terhindar dari risiko-risiko gangguan kesehatan. Kami juga mengarahkan

mereka untuk selalu menerapkan social distancing saat bekerja,” tambah Ngurah Ardita.

Merebaknya wabah Covid-19 telah mempengaruhi kinerja industri pariwisata di dunia dan Indonesia,

khususnya tingkat hunian hotel. Tingkat hunian di The Nusa Dua per 26 Maret 2020 adalah sebesar30,45 %. Jumlah ini turun dari tingkat hunian pada bulan Februari 2020 yang mencapai 51,98%, dan turun dibandingkan dengan tingkat hunian pada bulan Februari 2019 yang sebesar 72,58%.

“Kami sebagai pengelola kawasan, berkomitmen terus menjaga kawasan The Nusa Dua dapat steril dari penyebaran virus Covid-19 dan berharap pandemi Covid-19 dapat segera teratasi sehingga industri pariwisata di Bali khususnya The Nusa Dua dapat kembali bergerak naik,” tutup Ngurah Ardita.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait