Kabardewata.com

Pariwisata

Bali Peringkat Ke 40 Dunia Untuk Mice, Tapi Kurang Memiliki Exhibition Center

Kategori Pariwisata, June 14, 2014, Dilihat sebanyak 139 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Untuk wisata Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Pulau dewata saat ini sudah menduduki peringkat 40, namun sayangnya dari 4 kategori tersebut masih ada kekurangan, yaitu ada di Exhibition, pasalnya hingga saat ini di Bali belum memiliki Exhibition Center.

Christina L Rudiandita, Konsultan MICE Menparekraf RI menjelaskan, bahwa untuk Exhibition(Pameran) di Bali masih kurang, pasalnya masih banyak kendala-kendala. Salah satunya infrastruktur, sebab di Bali tidak ada jalan seperti dijakarta, dan terlebih lagi tidak ada area untuk pameran yang besar. Sehingga pameran atau Exhibition di Bali hanya kecil-kecil saja, tidak besar seperti dijakarta yang sering mengadakan Exhibition mobil atau yang besar-besar lainnya.

“Kalau Bali mau menunjukkan dirinya sebagai wisata MICE dan mampu membawa keempat-empatnya yang diperlukan saat ini adalah Exhibition Center. Ini yang diperlukan oleh Bali saat ini, kalau hanya pameran kecil-kecilan  mungkin di Bali sudah ada, seperti halanya pameran computer atau handicraft,”ujarnya usai Focus Group Discussion Penyusunan Startegi Pengembangan Destinasi MICE Indonesia, di Kuta  

Dia juga menambahkan,  fasilitas Exhibition sangat penting pasalnya fasilitas merupakan kenyamanan dari para pelaku maupun maupun konsumen. Pemerintah dan stakeholder yang ada saat ini harus bersatu, apabila ingin mengembangkan wisata MICEnya, seperti halnya diluar negeri, pemerintah mampu memberikan anggaran untuk membangun Exhibition center, dari pemerintah 70 persen dan pelaku usaha sisanya. 

“Kenapa mereka mau memberikan anggaran untuk MICE pasalnya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Dari hasil FGD tadi ini sebagian masayarakat di Bali belum bisa membedakan apa itu bazaar dan apa itu pameran, semuanya masih dianggapa sama. Dan pelaku Exhibition disini belum begitu banyak,”jelasnya.

Untuk memenuhi keempatnya itu (MICE) yang perlu dilakukan Bali adalah perbaiki fasilitas yang ada, dan cari potensi yang ada. Apakah Bali ini akan seperti Jakarta atau bagaiman?  “yang jelas saat ini bali sudah bisa dibilang wisata MICE tapi masih kurang satu saja,"tutupnya


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image