Antisipasi Evakuasi Gunung Agung, TNI AL Siapkan Dua Kapal LPD Untuk Wisman

Kategori Pariwisata, October 26, 2017, Dilihat sebanyak 24 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Untuk mendukung skenario evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan dari peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung. Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dibawah komando Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Denpasar akan menyiapkan empat kapal. Empat kapal itu dua unit jenis LPD (Landing Platform Dock) dan dua lainnya jenis LST (Landing Ship Tank).

Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka kepada wartawan di Pelabuhan Benoa, baru-baru ini menjelaskan, dua unit kapal LPD khusus mengevakuasi wisatawan mancanegara (wisman) dari Bali. Secara teknis evakuasi wisman akan dilakukan kelokasi terdekat yaitu ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ataupun Surabaya, Jawa Timur. Proses evakuasi oleh TNI Angkatan Laut akan dilakukan melalui Pelabuhan Benoa, menuju debarkasi dengan jarak terpendek.

"Kalau untuk LST kita itu tadi sudah disampaikan bisa seribu lebih soalnya dibawahnya kan ada tank decknya ya, disitu bisa menampung semua. Kalau LPD sendiri bisa 1.500, karena memang itu untuk kapal-kapal dari sisi pendaratan, sama personel," katanya.

Danlanal menyampaikan, dari data Dinas Pariwisata Provinsi Bali diperkirakan jumlah wisman yang akan dievakuasi jika Gunung Agung mengalami erupsi sebanyak 5.000 jiwa.

"Erupsi terjadi, kemudian terjadi hal-hal yang memburuk gitu kan, walaupun sudah diradius 12 kilometer dari Karangasem, tetapi kalau dengan nanti adanya nanti erupsi kemudian ditambah lagi abu, itu pasti akan terjadi hal-hal yang memburuk. Makanya kita arahkan ke arah barat, atau ke selatan, atau ke benoa," jelasnya.

Jumlah kapal yang disiagakan itu disebut fleksibel, melihat kontijensi yang terjadi dilapangan. Gusti Bagus Oka mengakui, saat ini Dinas Pariwisata bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tengah membicarakan kemungkinan penambahan armada kapal untuk proses evakuasi dari Markas Besar TNI Angkatan Laut. 

 


Sumber:

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST pariwisata LAINNYA