Kabardewata.com

Pariwisata

Aksi Teror di Berbagai Tempat dikhawatirkan Pengaruhi Minat Calon Wisatawan

Kategori Pariwisata, July 18, 2016, Dilihat sebanyak 229 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Praktisi yang juga pengamat sektor kepariwisataan, Ida Bagus Lolec Surakusuma kepada Kabar Dewata di Denpasar , Senin (18/7/2016) menilai, kondisi yang berkembang di dunia, akan berdampak secara tidak langsung terhadap psikologis para calon wisatawan mancanegara. Diungkapkan, mereka akan memilih tinggal dinegaranya, dan mengisi waktu liburan tanpa bepergian ke luar negeri.

 "Selalu ada, karena kecenderungan wisatawan itu adalah memproteksi dirinya, keselamatan dirinya. Dalam arti kata kalau ada, kecenderungan kayak begitu, apa yang harus kita lakukan, gitu. Apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia atau Pemerintah Daerah Bali, atau para pelakunya atau siapapun juga," ungkapnya.

 Melihat dampak buruk yang bakal berimbas pada sektor kepariwisataan dunia termasuk di Indonesia, Ida Bagus Lolec Surakusuma mengharapkan, keseriusan dan konsistensi aparat keamanan baik kepolisian, maupun Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat termasuk wisatawan. Ia meminta, perketatan pola pengamanan tidak hanya dilakukan, ketika ada event-event reguler dan peringatan hari besar keagamaan. Menurutnya, ancaman teror saat ini sangat sulit diprediksi, dan itu harus mendapatkan atensi utama dari aparat keamanan, tentunya dibarengi peningkatan sinergitas dengan seluruh unsur masyarakat

Sederet aksi teror berdarah terjadi dibeberapa negara di dunia dalam Bulan Juli ini. Sebut saja teror di Nice, Perancis, Kamis 14 Juli 2016, aksi bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta, Jawa Tengah Selasa 5 Juli 2016 dan teror bom didekat Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi Senin 4 Juli 2016. Kalangan kepariwisataan Tanah Air khususnya di Bali menganggap itu sebagai sinyal negatif terhadap upaya pengembangan destinasi-destinasi wisata di Indonesia.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image