Kabardewata.com

Pariwisata

7 Tips Aman Berwisata

Kategori Pariwisata, April 16, 2014, Dilihat sebanyak 73 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Berkaitan dengan keamanan saat travelling, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, harus disadari bahwa tidak ada satu pun tempat atau lokasi di dunia ini yang benar-benar aman dan tanpa risiko keamanan. Kedua, sebagian besar lokasi wisata atau tujuan wisata yang tersebar di seluruh dunia justru relatif aman untuk dijelajahi. Terakhir, ketidakamanan saat melakukan perjalanan wisata kerap kali justru dipicu oleh beik perilaku maupun persiapan yang kurang dari traveler itu sendiri.
 
Saat seseorang melangkahkan kaki keluar dari rumah atau daerahnya sendiri, seharusnya ia menyadari akan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Berikut ini kami rangkumkan beberapa kiat aman untuk berwisata:
 
1. Membaur
Cara ini adalah salah satu aturan mendasar yang harus dipahami oleh setiap traveler. Menjalin relasi dengan orang lokal, atau bergabung ditengah-tengah masyarakat lokal bisa menjadi sebuah sistem pertahanan diri atau sistem keamanan yang cukup efektif. Cobalah untuk tidak berpenampilan terlalu mencolok di sekitar orang-orang lokal. Intinya, berhentilah menjadi turis. Jangan jadikan diri Anda target yang mudah.
 
2. Bawa barang seperlunya
Tinggalkan barang-barang yang sangat berharga di rumah. Bawalah barang-barang yang memang akan benar-benar terpakai saat berwisata. Satu backpack atau ransel seharusnya sudah cukup untuk menampung benda-benda yang Anda butuhkan saat menjelajah di jalanan. Hal ini selain ringkas dan tidak merepotkan, juga memudahkan Anda untuk mengawasi sekaligus mencegah hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.
 
3. Jangan lengah ketika istirahat
Kasus seperti ini sudah sangat sering kita dengar. Kecopetan saat di dalam bis kota, kehilangan tas saat tertidur di kereta atau bis malam, atau kehilangan tas atau laptop saat sedang ke toilet di sebuah cafe atau restoran. Jangan lengah, letakkan barang bawaan Anda dalam jarak yang masih dalam pengawasan Anda. Titipkanlah barang Anda kepada pramusaji atau bartender saat ingin pergi ke kamar kecil di restoran atau bar.
 
4. Waspada melangkah
Tujuan berwisata salah satunya adalah memang untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kita jelajahi sebelumnya. Namun terjebak di sebuah lingkungan yang rawan dan belum pernah kita kenal sebelumnya bisa menjadi masalah tersendiri. Selalu sadari kemana Anda melangkah. Pertimbangkan intuisi Anda saat berkata dalam hati, “jangan ke sana”. Jika sudah terlanjur, kewaspadaan ini bisa membuat Anda lebih mengingat jalan kembali.
 
5. Jangan sungkan untuk meminta pertolongan
Tidak ada salahnya untuk belajar sedikit bahasa lokal saat Anda menetap di suatu tempat. Ini akan bermanfaat ketika Anda berkomunikasi dengan penduduk. Setidaknya pelajari beberapa kata penting yang bisa membantu Anda saat berkomunikasi. Kalimat yang mengandung salam, terima kasih, atau angka-angka bisa membantu Anda saat Anda butuh pertolongan atau berbelanja.
 
6. Hindari konfrontasi
Intinya adalah menambah teman lebih baik daripada menambah musuh. Bersikaplah ramah kepada orang yang Anda temui dan mengajak Anda bicara. Ketika hal-hal provokatif terjadi, seperti seseorang menyenggol Anda atau menggoda kawan seperjalanan Anda yang cantik, sebaiknya tidak usah ditanggapi. Jika Anda merasa terancam oleh seseorang, arahkan tujuan Anda ke tempat yang ramai atau lokasi-lokasi publik. Laporkan ke pihak keamanan jika memang diperlukan.
 
7: Asuransikan perjalanan Anda
Asuransi bisa menjadi hal yang penting apabila Anda melakukan perjalanan wisata untuk mencoba hal-hal baru yang ekstrim. Ingatlah bahwa harga dari sebuah pengobatan tidaklah murah, dan ini sebabnya ada pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image