44 Tahun ITDC, Terus Dorong Semangat Perubahan

44 Tahun ITDC, Terus Dorong Semangat Perubahan
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwsata the Nusa Dua Bali dan the Mandalika Lombok - NTB, terus mendorong semangat perubahan di dalam Perusahaan untuk mencapai visi menjadi Perusahaan Pengembang Destinasi Pariwisata Kelas Dunia.
 
Selama lebih dari empat puluh tahun, Perusahaan telah bertumbuh sehat dan memberikan kontribusi besar bagi pengembangan pariwisata Bali, melalui keberhasilan pengembangan the Nusa Dua.  Sekarang, selain tetap dituntut untuk mengoptimalisasi the Nusa Dua, melalui tugas akselerasi pembangunan the Mandalika dan penciptaan destinasi pariwisata baru lainnya di Indonesia, ITDC dipercaya juga untuk turut serta dalam mengembangkan pariwisata nasional dan mendukung strategi Pemerintah menjadikan pariwisata sebagai sumber utama devisa negara.  Untuk itu, semangat perubahan menjadi salah satu modal yang harus dimiliki Perusahaan dalam bergerak maju dan menghadapi berbagai tantangan baru.
 
Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, Pemerintah telah mengamanatkan tugas-tugas baru bagi ITDC, sebagai fondasi untuk Perusahaan bertumbuh semakin besar dan kuat dan bertansformasi menjadi perusahaan kelas dunia yang mampu mengembangkan kawasan pariwisata tidak saja di Bali, tapi juga di berbagai kawasan di Indonesia, bahkan di luar Indonesia.
 
Pada momentum ulang tahun ke-44 Perusahaan, kami ingin kembali menegaskan bahwa tanpa semangat perubahan tidak mungkin kami dapat mewujudkan pertumbuhan dan mencapai visi tersebut.
 
Semangat perubahan tersebut dibungkus dalam program transformasi ITDC yang telah berlangsung sejak pertengahan tahun lalu dan yang hasilnya mulai terlihat melalui sejumlah progres nyata di the Mandalika.  Selain telah beroperasinya infrastruktur pengolahan air minum dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), saat ini di dalam kawasan telah beroperasi secara fungsional Masjid Nurul Bilad sejak September lalu.  Juga tengah dibangun infrastruktur jalan di dalam  kawasan sepanjang 6,6 km, serta penataan Pantai Kuta Mandalika.  “Peresmian beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika oleh Presiden Joko Widodo 20 Oktober 2017, dipastikan akan meningkatkan daya tarik kawasan sebagai tujuan investasi.
 
Tujuh hotel memasuki tahap persiapan pembangunan, yang akan menyediakan 2.200 kamar pada tahun 2019.  Sampai dengan November 2017, total komitmen investasi yang masuk ke the Mandalika mencapai Rp 12,7 Triliun, dan pada akhir tahun ini, ITDC juga berencana menandatangani Land Use and Development Agreement (LUDA) seluas 120 ha, dimana di dalamnya termasuk pembangunan kompleks sirkuit jalan raya Mandalika, tambah Abdulbar M. Mansoer.
 
Perusahaan juga telah memulai peluang pengembangan destinasi baru melalui lini bisnis Destination Management Organization (DMO) untuk pengembangan kawasan di Singhasari Malang dan di Bali Utara.  Lini bisnis baru lainnya yang direncanakan resmi beroperasi pada akhir tahun adalah ITDC Nusantara Property dan ITDC Nusantara Utilities.
 
Menurut Abdulbar M. Mansoer semua kemajuan tersebut menjadi bukti dari adanya semangat perubahan di dalam Perusahaan. Dalam pengelolaan the Nusa Dua pun terjadi perubahan-perubahan yang berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan Perusahaan, salah satunya melalui perubahan pengelolaan event.   Event-event yang ditujukan untuk mempromosikan kawasan the Nusa Dua, pada tahun ini mulai memberi pemasukan yang signifikan, seperti Nusa Dua Light Festival dan Nusa Dua Fiesta,  paparnya.  Perubahan dalam strategi pemasaran kawasan pun mulai membuahkan hasil, di antaranya dengan ditandatanganinya kerjasama dengan Xian Lian China dan Kyodo News Group yang diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan China dan Jepang ke the Nusa Dua.
 
Peringatan ulang tahun ke-44 ITDC mengambil tema Beyond the Spirit of Change. Tema ini dipilih untuk mengingatkan setiap jajaran Perusahaan untuk terus mendorong semangat perubahan, sehingga dapat terus beradaptasi dengan perubahan bahkan mengoptimalisasi peluang-peluang di balik perubahan.
 
Rangkaian peringatan ulang tahun ke-44 ITDC, yang berlangsung sejak awal November lalu, diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain kegiatan syukuran di tiga lokasi Perusahaan (Jakarta, Bali, Lombok), Bakti BUMN Untuk Veteran, CSR Weeks yang terdiri dari sejumlah kegiatan program kemitraan dan bina lingkungan di Bali dan Mandalika, Town Hall Meeting, Employee Gathering, dan Gala Dinner yang diisi dengan pemberian berbagai penghargaan bagi karyawan. 
 
Tentang ITDC PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 42 tahun perseroan telah membangun dan mengelola the Nusa Dua, kawasan pariwisata kelas dunia yang berlokasi di Bali Selatan.
 
Saat ini di the Nusa Dua terdapat 19 hotel berbintang yang menawarkan 5.000 kamar, pusat perbelanjaan, museum, culutral venues, lapangan golf, rumah sakit, dan fasilitas pariwisata lainnya.  The Nusa Dua juga memiliki fasilitas pendukung, seperti Bali International Convention Center di hotel Westin yang berkapasitas 2.500 pax dan Bali Nusa Dua Convention Center berkapasitas 10.000 pax, yang membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dll.
 
Melalui PP Nomor 55 Tahun 2008 dan PP Nomor 33 Tahun 2009, ITDC (saat itu masih BTDC) memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola kawasan Mandalika (The Mandalika) di Lombok dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau Bali Baru yang ditetapkan Pemerintah Pusat untuk dikembangkan sejalan dengan strategi Pemerintah meningkatkan pariwisata menjadi sumber devisa utama negara.
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait