Kabardewata.com

Berita Utama

OJK Adakan Edukasi Keuangan Bersama BKKBN

Kategori Berita Utama, May 20, 2015, Dilihat sebanyak 104 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan kegiatan edukasi keuangan bagi Penyuluh dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana. Acara yang berkonsep training of trainers (pelatihan—red) ini diadakan di Kantor BKKBN Provinsi Bali, 20-21 Mei 2015. Sebanyak 50 orang peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota se-provinsi Bali ikut dalam kegiatan yang diprakarsai oleh OJK bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta mengenai manfaat dan resiko produk dan jasa keuangan serta hak dan kewajiban sebagai konsumen keuangan. Selain itu, diharapkan para peserta dapat menjadi penyuluh di komunitas dan masyarakat dengan menyampaikan pengetahuan yang diperolehnya selama dua hari pelatihan.

“Nantinya para penyuluh diharapkan mampu menyadarkan masyarakat mengenai manfaat dan resiko produk dan jasa keuangan. Kami berkeyakinan dengan kegiatan ini masyarakat lebih berhati-hati memanfaatkan produk dan jasa keuangan,” kata  Zulmi, Kepala Kantor OJK Provinsi Bali di Denpasar.

Lanjutnya, kasus seperti rentenir, investasi bodong dan penipuan dibidang keuangan lainnya dapat berkurang bahkan hilang dalam kehidupan masyarakat menengah kebawah.

Untuk menunjang kegiatan ini, OJK mengundang pakar keuangan terkemuka Ahmad Gozali. Financial Planner dari Zeus Consulting ini akan memberikan materi perencanaan keuangan dan simulasi pengelolaan uang sehari-hari.

 “Melalui materi perencanaan keuangan ini harapanya peserta dapat membuat rencana keuangan sendiri. Minimal membuat buku catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan sehari-hari. Ini yang diharapkan diduplikasi di masyarakat ketika mereka menjadi penyuluh,” ujar Zulmi. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image