MEA, UKM Sektor Pariwisata Perlu ditingkatkan Kualitasnya

MEA, UKM Sektor Pariwisata Perlu ditingkatkan Kualitasnya

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan kompetensi sumber daya manusia (SDM) koperasi dan UKM yang bergerak pada sektor pariwisata perlu ditingkatkan.

"Bagaimana para pelaku koperasi dan UKM pariwisata Indonesia ini ke depan bisa tetap eksis," katanya, di Nusa Dua

Dia menilai sektor pariwisata banyak digerakkan oleh koperasi dan UKM. Apalagi, lanjutnya. sektor ini menjadi salah satu sektor penopang perekonomian kita yang paling besar.

Oleh karena itu, menjelang pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN) para pelaku KUKM yang bergerak di sektor pariwisata harus ditingkatkan kompetensi dan kualitasnya agar berdaya saing tinggi.

Dia berharap para pelaku KUKM semakin diberikan peluang dan kesempatan untuk turut serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan rakyat. Puspayoga menegaskan pentingnya pelatihan bagi SDM KUKM pariwisata.

"Kami sendiri memiliki sejumlah program untuk mendorong para pelaku KUKM semakin mudah mengembangkan usahanya," katanya. Salah satunya mempermudah akses pembiayaan khususnya dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUKM.

"Untuk pembiayaan kita punya LPDB yang bunganya sekarang 0,3% perbulan untuk KSP dan untuk sektor rill 0,2% perbulan," katanya.Itu artinya akses pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat bunganya harus rendah.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait