Kabardewata.com

Berita Utama

Laju Perekonomian Indonesia Semakin Baik

Kategori Berita Utama, March 27, 2014, Dilihat sebanyak 179 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Nusa Dua, Bali. Perekonomian Indonesia kini sudah dapat dikatakan baik dan meningkat. Pasalnya, Indonesia dalam menjalankan perekonomian selalu melibatkan komponen masyarakat, baik di bidang produksi, distribusi maupun konsumsi . Hal tersebut membuat, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) membuat kerjasama dengan Indonesia, khususnya menteri Keuangan Republik Indonesia.


Sekretaris Jenderal (Sekjen) Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Angel Gurria mengatakan, sangat mengapresiasi atas pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang semakin baik. "Walaupun perekonomian Indonesia sudah baik dan meningkat, tapi masih ada beban berat untuk kedepannya dalam memajukan perekonomian negara," ujarnya,usai membuka acara OECD southeast Asia Regional Forum, Regional Competitivnes For sustained Growt,  Di Hotel Grand Nikko Bali Nusa Dua, Rabu (26/3).


Indonesia kini sudah akurat dalam menghadapi tantangan sosial dan ekonomi. OECD akan tetap membentuk kerjasama yang baik dengan Indonesia di bidang perekonomian. Dimana point-point permasalahan ekonomi akan menjadi dasar pengembangan kerjasama untuk kedepannya.Dalam pertemuan kerjasama tersebut yang dihadiri perwakilan dari beberapa negara seperti, Jepang, Meksiko, dan perwakilan negara lainnya, termasuk dari negara Indonesia yang diwakili oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Muhammad Chatib Basri.


Menteri Keuangan Republik Indonesia, Muhammad Chatib Basri mengatakan, terkait peningkatan perekonomian Indonesia, dalam hal ini tidak terlepas dari peranan masyarakat yang ekonominya memasuki golongan kelas menengah. Tahun 2003 pendapatan masyarakat 4 dolar, 5 persen  perhari, 2010 meningkat 18 persen, terjadi kenaikan 13 persen dikali 240 40 juta penduduk. Pada tahun 2025  kelas menengah akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. "Golongan ekonomi kelas menengah tersebut memiliki peran penting, tidak hanya di Indonesia golongan kelasd menengah menyebabkan pertumbuhan ekonomi namun di Negara seperti China pun demikian,"ungkapnya.
 

Kondisi tersebut didapat berdasarkan hasil persentase dari perhitungan tingkat pembelanjaan dari kelas menengah yang mencapai angka signifikan meningkat, dalam hal konsumsi. Golongan kelas menengah ini juga  ini juga menuntut kepada pemerintah untuk memberikan fasilitas yang lebih layak lagi. Seperti halnya memperhatikan infrastruktur, kondisi  tersebut merupakan gambaran transisi ekonomi yang baik dengan melihat produkviti yang semakin meningkat.

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image