Kabardewata.com

Berita Utama

Jamkrida Bali Mandara Lakukan Penjaminan 21.177 Nasabah Sebesar Rp.1,9 Trilyun

Kategori Berita Utama, June 19, 2015, Dilihat sebanyak 183 kali, Post oleh Rusadi Nata


Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Bali Mandara berkembang  makin pesat dan mampu memberi sumbangsih besar dalam mendorong kemajuan UMKM. Hingga Mei 2015, Jamkrida Bali Mandara telah melakukan penjaminan bagi 21.177 nasabah dengan plafon sebesar Rp.1,9 trilyun. Hal tersebut disampaikan Dirut PT. Jamkrida Bali Mandara I Ketut Widiana Karya SE.MBA di Denpasar. 

Widiana Karya menambahkan, dari keseluruhan nasabah yang dijamin, 69 persen diantaranya merupakan UMKM yang bergerak di sektor ekonomi produktif. Perkembangan positif ini mengukuhkan Jamkrida Bali Mandara terdepan diantara lembaga penjamin serupa yang berkembang di sejumlah daerah. Bahkan, atas rekomendasi Otoritas Jasa keuangan (OJK), Jamkrida Bali Mandara kerap menjadi rujukan bagi daerah lain. 

Bahkan, baru-baru ini Gubernur DKI Jakarta  Basuki Tjahaja Purnama juga mengutus tiga orang stafnya untuk melakukan studi banding ke Bali.  Menyusul Jawa Timur yang pertama dan Bali yang kedua, saat ini makin banyak daerah yang membentuk Jamkrida. “Saat ini tercatat 16 daerah telah membentuk Jamkrida,” imbuhnya.

Sejalan dengan pesatnya pertumbuhan yang dicapai, Jamkrida Bali Mandara pun terus melakukan upaya peningkatan kualitas layanan. Salah satunya dengan merekrut personil di setiap kabupaten/kota. Mereka bertugas memberi penjelasan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi terkait dengan keberadaan Jamkrida Bali Mandara. 

Selain itu, pihaknya juga mengembangkan kerjasama dengan BPR, LPD dan Koperasi. Saat ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan 30 BPR yang tersebar di seluruh Bali. Ke depannya, kerjasama ini akan terus dikembangkan untuk meningkatkan ayanan bagi para nasabah yang membutuhkan kredit namun tak punya jaminan. 

Lebih dari itu, Jamkrida Bali Mandara juga terus melakukan upaya integrasi dengan program unggulan lainnya seperti Simantri dan Gerbangsadu. “Kita sudah mensosialisasikan program ini pada sejumlah penerima program Gerbangsadu dan Simantri. Mereka bisa menambah modal dengan penjaminan Jamkrida,” tambahnya. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image