Zona nyaman akan membunuh kesuksesan Anda

Zona nyaman akan membunuh kesuksesan Anda

Melamar pekerjaan ketika lulus kuliah atau sekolah merupakan hal yang lumrah, kenyamanan tampaknya telah menjadi tujuan utama bagi setiap orang. Mencari pekerjaan yang sempurna yang sesuai dengan keahlian kita dan meniti karir yang lama di bidang tersebut.

Lupakan semua hal itu: Kenyamanan merupakan musuh. Jika segala sesuatu terlihat sangat mudah, maka sekarang saatnya Anda mengguncang karir Anda.

Masih ingat ketika Anda masih kecil, dan pertama kali Anda mencoba untuk naik sepeda? Apakah kamu takut ketika itu? Tentu saja. Namun apakah semua itu layak untuk dicoba? Saya yakin jawabannya adalah “Ya”.

Menjalani sebuah pekerjaan atau karir baru sama seperti ketika Anda pertama kali belajar naik sepeda: jantung Anda berdegup kencang, adrenaline memicu keberanian dan hasilnya dapat menjadi sangat berarti seperti ketika Anda menguasai kendaraan tersebut.

Keluar dari zona nyaman merupakan hal yang harus Anda lakukan, jika Anda ingin meraih kesuksesan. Saya lebih suka menyebutnya sebagai perubahan menuju “zona kekuatan” Anda. Bagian yang tersulit ketika melakukan perubahan adalah mengambil langkah pertama. Hal ini dapat menjadi suatu hal yang menakutkan, namun berikut ini merupakan empat alasan mengapa Anda layak melakukannya.

Anda akan menemukan keahlian baru

Jika Anda sudah berada pada industri atau pekerjaan dalam jangka waktu lama, Anda akan menguasai beberapa keahlian tertentu karena sering menggunakannya, dan mengabaikan kelebihan yang lain. Melatih satu otot saja tidak akan membuat Anda kuat secara keseluruhan, hal ini membuat ketidakseimbangan. Dengan melakukan perubahan dalam karir, Anda akan menemukan beberapa area baru yang sebelumnya tidak pernah Anda gunakan dan memperkuat area tersebut.

Anda mungkin akan menemukan gairah baru

Bagaimana Anda tahu apa yang Anda cintai jika Anda tidak pernah mencoba? Hanya ada satu cara untuk mengetahuinya yaitu: Mencobanya, kumpulkan semua keberanian Anda dan lakukanlah. Anda akan lebih banyak mendapatkan sesuatu dengan mencoba hal baru, bahkan jika ternyata Anda gagal daripada Anda berada di tempat yang sama selamanya.

Bagi Adam Fridman, founder sekaligus CEO dari Mabbly, agensi pemasaran digital, tugasnya adalah mengoptimalkan kata pencarian di perusahaan lamanya dan menemukan cinta terhadap SEO yang kemudian menginspirasi dia untuk membangun startup dia sendiri. “Saya tidak pernah menyangka bahwa ketika saya memilih proyek tersebut, saya akan menemukan sesuatu yang saya cintai dan membuat saya bersemangat”, kata Fridman. “Sekarang semua ini merupakan kehidupan saya, dan saya sangat senang sekali.”

Anda mungkin akan jatuh cinta kembali dengan pekerjaan lama Anda

Mencoba pekerjaan baru, industri atau karir baru mungkin dapat menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Anda mungkin akan membencinya dan rindu dengan pekerjaan lama Anda. Apakah Anda ingin atau tidak menginginkan untuk kembali ke pekerjaan tersebut dapat bergantung dari beberapa faktor, namun dengan berkomitmen kembali pada industri atau posisi lama Anda setelah mencoba sesuatu yang baru dapat membuat Anda menjadi semakin komitmen, bergairah, dan mengeliminasi istilah “bagaimana seandainya?” yang selalu membuat Anda tertahan.

Anda akan tumbuh sebagai seorang pribadi dan karyawan

Tidak peduli kemana hal tersebut akan membawa Anda, apakah lurus, naik turun seperti roller coaster atau bahkan berputar, keluar dari zona nyaman memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan resiko yang mengintimidasi Anda. Mengubah sedikit kehidupan Anda yang monoton dengan sebuah pengalaman hidup yang baru menjamin sebuah keadaan yang lebih segar, memperbaharui kembali kehidupan Anda, dan pekerjaan Anda.

Saya lebih menyukai seorang karyawan yang memiliki begitu banyak pengalaman dibandingkan dengan seseorang yang hanya melakukan satu pekerjaan selama beberapa dekade, karena orang – orang tersebut cenderung lebih mudah untuk beradaptasi, lebih kreatif dan mampu menghadapi rintangan baru, dan tertarik dengan tantangan dibandingkan dengan seseorang yang hanya bermain aman.

 

Sumber : Kerjayuk.com

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait