Kabardewata.com

Entrepreneur

Hidup Tanpa Tapi: Jiwa Wirausaha Lahir, Tanpa Banyak Tapi

Kategori Entrepreneur, January 25, 2016, Dilihat sebanyak 189 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Jalan hidup mana yang lebih kamu pilih: punya penghasilan tetap dan posisi mapan, atau merintis bisnis impian tanpa terikat aturan perusahaan? Pilihan kedua saat ini memang sedang tren. Tak peduli usia, setiap orang berlomba memanfaatkan semua cara termasuk media online seperti marketplace untuk berjualan produk atau jasa.

Di tengah tren berbisnis, tak sedikit yang patah arang dan menyerah untuk kembali mencoba. Contoh ini mungkin salah satu penyebab Anda untuk mengurungkan niat menjadi pebisnis.

“Mau sih punya bisnis, tapi kalau gagal seperti orang-orang itu bagaimana?”
Alasan dengan embel-embel ‘tapi’ ini yang akhirnya mengikis rasa optimis. 
Berikut beberapa ‘tapi’ yang menghambat keinginan kuat untuk punya bisnis dan tips melawannya.  

1. Mau Punya Bisnis, Tapi Merasa Tak Punya Bakat

Memang ada beberapa orang yang memiliki bakat untuk menjadi pebisnis. Tapi bukan berarti yang lainnya tak bisa jadi pebisnis. Walaupun berbakat, tapi kalau tidak disertai keinginan kuat untuk berbisnis, sepertinya tidak akan sukses juga. Keinginan dan motivasi kuatlah yang membuat seseorang mau merintis bisnis. Jadi sebaiknya tak usah memberi alasan dengan “tapi tak merasa punya bakat”. Teguhkan niat dan keinginan, lalu mulai merancang bisnis impian Anda.

2. Mau Punya Bisnis, Tapi Takut Rugi

Tapi yang satu ini erat kaitannya dengan rasa rendah diri, meragukan produk atau jasa Anda yang tak akan menarik minat calon konsumen. ‘Tapi’ ini sebenarnya bisa ditangkis saat proses menentukan produk atau jasa. Mungkin yang Anda tawarkan sudah banyak tersedia di pasaran dan itu yang membuat Anda minder. Tipsnya, beri sentuhan unik atau khas pada produk dan jasa Anda, agar tampil berbeda dari yang sudah ada. Percayalah, konsumen pasti melirik saat melihat sesuatu yang unik. Kalau mereka puas, pasti akan jadi pelanggan setia kok.

3. Mau Punya Bisnis, Tapi Segan dengan Modal

Modal bisa membengkak salah satunya oleh biaya sewa tempat, karyawan dan produksi barang. Tapi, di jaman internet ini rasanya sebagian besar keperluan tersebut bisa dicoret dari daftar. Tinggal join di salah satu marketplace online untuk buka lapak atau buatwebsite bisnis dengan biaya sangat terjangkau. Mulailah berpikir tidak konvensional dan hapus keraguan terhadap cara online, karena di Indonesia, pengakses internet khususnya ke marketplace terhitung cukup besar. Mau dong keluar biaya lebih minim, tapi potensi pelanggannya luar biasa.

4. Mau Punya Bisnis, Tapi Takut Bersaing

Merintis bisnis memang wajib fokus dan selalu konsentrasi. Tapi, Anda juga perlu sesekali melirik ‘toko’ tetangga, yang menawarkan produk atau jasa serupa. Atau, bergabunglah dengan asosiasi pebisnis dan seringlah hadir di acara bertema enterpreneuship. Jalinlah pertemanan sebanyak mungkin agar wawasan berwirausaha lebih kaya, plus menambah daftar kolega yang mungkin bisa digandeng sebagai mitra bisnis. Dengan banyak belajar dan menumpuk pengetahuan, Anda akan tahu bagaimana mempertahankan bahkan melejitkan bisnis impian.

Nah, semoga rasa ragu Anda untuk merintis bisnis mulai hilang ya. Karena, bila terlalu banyak ‘tapi’ apa pun keinginan Anda pasti takkan terwujud. Masih perlu dukungan moril atau inspirasi? Temukan #HidupTanpaTapi di Twitter. Pernah sukses melawan tapi dan ingin berbagi inspirasi, ungkapkan di hashtag yang sama. Terus optimis dan saatnya #HidupTanpaTapi.


Sumber: liputan6

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image