Cara menarik pengunjung ke website Anda

Cara menarik pengunjung ke website Anda

Saya telah melihat dari waktu ke waktu: Tantangan nomor satu yang harus dihadapi oleh pemilik bisnis online baru adalah kurangnya trafik. Jika website Anda tidak mendapatkan trafik, Anda tidak akan dapat melakukan penjualan. Dan yang paling parahnya adalah Anda tidak dapat melakukan test komponen kunci dari proses penjualan Anda. Dan jika Anda telah melakukan kampanye besar – besaran untuk mendapatkan trafik sebelum Anda melakukan test pada website Anda untuk memastikan bahwa situs Anda dapat mengkonversi pengunjung menjadi pembeli, Anda akan beresiko untuk kehilangan penjualan dan terlihat tidak profesional bagi partner bisnis dan afiliasi yang berpotensial.

Jadi sekarang Anda terperangkap dalam lingkaran setan: Sebelum Anda melakukan kampanye untuk mendapatkan trafik, Anda harus melakukan test proses penjualan Anda, tetapi tanpa trafik, test tersebut sangat sulit untuk dilakukan, bahkan mustahil untuk dilakukan!

Pada artikel ini, saya ingin memberikan Anda delapan langkah rencana aksi yang akan menunjukkan kepada Anda:

  • Bagaimana cara mendapatkan trafik secara instan dan murah bagi website Anda, sehingga Anda dapat melakukan test komponen kunci dari proses penjualan Anda, sebelum Anda melakukan kampanye besar.
  • Cara memastikan bahwa setiap elemen dari proses penjualan Anda sudah dioptimasi untuk mengkonversi trafik secara maksimal menjadi penjualan maksimal.
  • Strategi yang paling efektif untuk menarik ribuan pembeli yang berpotensial ke situs Anda dengan cepat.
  • Rahasia untuk membuat seluruh kampanye trafik Anda secara otomatis.

Jadi meskipun situs Anda tidak mendapatkan trafik saat ini, Anda dapat melakukan test elemen kunci pada proses penjualan Anda besok, dan dua minggu kemudian, Anda dapat menjalankan kampanye trafik Anda secara maksimal.

Terdengar sangat baik bukan? Ayo kita mari kita mulai!

Langkah pertama: Dapatkan trafik yang Anda butuhkan untuk melakukan test pada website dengan cepat

Ketika saya berbicara dengan pemilik bisnis online yang baru, saya sering mendengar dua pertanyaan ini:

  • Bagaimana cara saya melakukan test?
  • Apa yang saya test pada website saya?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ada banyak sekali hal yang dapat Anda test pada website Anda untuk membantu Anda meningkatkan penjualan. Mulai dari layout hingga desain, ada begitu banyak kombinasi perubahan yang dapat meningkatkan persentase konversi dari pengunjung menjadi pembeli. Tetapi elemen apa yang harus Anda fokuskan pada test, sebelum Anda melakukan kampanye besar – besaran?

Saran saya adalah kembali ke dasar. Fokus testing pada:

  • Salescopy, terutama judul, manfaat, garansi, dan call to action.
  • Proses pemesanan, yang mana harus disederhanakan agar pengguna web baru dapat melakukan pemesanan.
  • Penawaran spesial bagi pembeli yang melakukan pendaftaran, untuk memastikan agar Anda mendapatkan kontak informasi pelanggan Anda.
  • Navigasi situs, agar Anda dapat mengetahui berapa banyak klik yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian. Idealnya kurang dari tiga klik.

Hal ini merupakan empat aspek penting pada proses penjualan Anda yang harus di test sebelum Anda mendatangkan trafik. Kemudian ketika Anda menghasilkan penjualan dan mendapatkan trafik dengan stabil, Anda dapat melakukan testing pada bagian lain website Anda.

Tentu saja, pembicaraan mengenai testing ini akan menimbulkan sebuah pertanyaan besar: Bagaimana Anda melakukan test tanpa trafik? Karena ketika Anda baru memulai bisnis, kemungkinan besar website Anda belum mendapatkan banyak trafik.

Solusinya sangat sederhana: Beli trafik melalui PPC mesin pencari. Pay-per-click pada mesin pencari memiliki sistem seperti lelang, mereka memperbolehkan Anda untuk melakukan bidding pada posisi yang tinggi dengan menggunakan kata kunci pilihan Anda. Untuk setiap pengunjung yang mengunjungi kata kunci yang Anda bidding dan mengkliknya, uang deposit untuk kampanye Anda akan dipotong sesuai dengan jumlah bidding yang Anda tentukan. Biaya untuk setiap klik bervariasi mulai dari 100 rupiah hingga puluhan ribu rupiah, bergantung seberapa populer kata kunci tersebut.

Ada begitu banyak PPC diluar sana, tetapi dua yang terbaik diantaranya adalah:

  • Google Adwords
  • Yahoo Search Marketing

Dengan PPC, Anda akan mendapatkan trafik dengan mudah, instan, dan berkualitas pada kata kunci yang sudah Anda targetkan. Bukan hanya itu, melakukan bidding pada trafik menggunakan PPC dapat membantu situs Anda untuk mendapatkan ranking pada mesin pencari.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk membantu Anda memulai bidding tanpa menghabiskan banyak uang:

Pada Google Adwords, Anda dapat menggunakan Keyword Planner untuk mencari ide atau mengembangkan kata kunci dan mencari tahu volume pencarian pada setiap kata kunci yang Anda cari. Tools Keyword planner ini juga dapat Anda gunakan untuk menentukan estimasi pencarian volume data atau trend dan estimasi klik dan biaya kampanye Anda.

Gunakan tools tersebut untuk menentukan kata kunci yang sesuai dengan website Anda, kemudian buat kampanye untuk setiap kata kunci yang sudah Anda tentukan untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Google (mesin pencari dengan pengguna terbesar di dunia).

Sedangkan pada Yahoo Search Marketing, bidding yang Anda lakukan akan dimunculkan juga pada hasil pencarian MSN, Yahoo, AltaVista, InfoSpace, AlltheWeb, dan NetZero.

Lakukanlah bidding pada kata kunci deskriptif. Jadi jangan melakukan bidding pada “TV”, tetapi “TV LED Samsung Murah”. Bukan hanya karena kata kunci tersebut lebih spesifik atau tertarget, tetapi kata kunci tersebut biasanya lebih murah untuk di bidding, dan kata kunci tersebut dapat menarik lebih banyak calon pembeli berpotensial. Untuk mencari kata kunci yang lebih tertarget, Anda dapat menggunakan Keyword Planner pada Google Adwords, seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Setelah Anda melakukan test dan mengoptimalkan situs Anda dengan pembelian trafik tersebut, sekarang saatnya untuk mulai menghasilkan trafik yang berkualitas bagi situs Anda dalam skala besar. Tetapi bagaimana cara Anda mendapatkan trafik yang sedikit menjadi banyak?

Langkah kedua: Dapatkan trafik gratis dari mesin pencari seperti Google

Karena Anda sudah melakukan kampanye pada Google, maka sekarang saatnya Anda untuk fokus pada hasil pencarian organik. Mesin pencari seperti Google dan Yahoo! Dapat menjadi salah satu sumber terbesar Anda untuk mendapatkan trafik gratis ke website Anda. Triknya adalah mendapatkan ranking terbaik pada kata kunci kompetitif terbaik Anda.

Langkah pertama untuk mendapatkan ranking tertinggi pada mesin pencari adalah dengan mensubmit situs Anda kepada mereka. Dengan kata lain, Anda harus memberikan detil informasi situs Anda kepada mereka. Anda harus memastikan bahwa “Spider”, sebuah program yang secara otomatis melakukan crawling untuk melakukan index pada mesin pencari agar dapat menemukan website Anda dan memasukkannya ke hasil pencarian.

Walaupun spider ini tugasnya melakukan indexing situs dan halaman yang belum pernah disubmit, namun jangan bergantung pada spider tersebut. Karena spider ini mungkin akan menemukan website Anda dan mengindexnya minggu depan, atau mungkin dua tahun lagi, tidak ada yang dapat memastikannya. Jadi, daripada menunggu, lebih baik Anda mensubmitnya secara manual, dan jika Anda sudah mensubmitnya, tunggulah sekitar dua hingga enam minggu agar website Anda terdaftar pada hasil pencarian mesin pencari.

Setiap mesin pencari memiliki proses yang berbeda untuk mensubmit situs, dan Anda harus mengikuti aturan mereka. Sebagai contoh, Yahoo! Mengenakan biaya ketika Anda ingin mendaftarkan situs Anda pada direktori mereka, sedangkan Google tidak mengenakan biaya apapun untuk mendaftarkan situs Anda. Jika Anda melakukan submit website Anda sesuai dengan yang mereka minta, maka Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan ranking di halaman pertama Google.

Untuk mendaftarkan situs Anda pada mesin pencari besar, Anda dapat mengikuti instruksi yang ada pada halaman di bawah ini:

Langkah ketiga: Berikan konten gratis yang menarik

Percaya atau tidak, cara yang paling mudah untuk mendapatkan trafik adalah dengan memberikan konten gratis. Walaupun hanya dua atau tiga, artikel yang berkualitas akan meningkatkan trafik secara drastis, selama konten tersebut tidak mengandung sales pitch. Anda harus mempertimbangkan sebuah informasi langka atau yang sulit untuk ditemukan agar artikel Anda bernilai, informasi seperti itu akan membuat Anda dipandang sebagai seorang ahli di bidangnya.

Ketika Anda sudah menyelesaikan artikelnya, tulislah dengan singkat biografi Anda dan bisnis Anda dan letakkan pada bagian bawah artikel Anda, kemudian yang paling penting adalah hubungkan link tersebut ke situs Anda.

Untuk mengetahui situs yang mungkin tertarik pada konten Anda, email pemilik website lain yang berada pada industri yang sama dengan Anda, pastikan Anda memilih situs yang mendapatkan perhatian dan pengunjung yang sesuai dengan target pasar Anda, dan undang mereka untuk menggunakan artikel Anda pada situs mereka atau newsletter mereka tanpa dikenakan biaya. Banyak pemilik website yang membutuhkan konten baru, jadi mereka pasti akan sangat senang melakukan postingan artikel Anda, dan tentunya tidak butuh waktu yang lama bagi artikel tersebut untuk memberikan trafik ke situs Anda. Anda.

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari sebuah konten gratis. Dan jangan kaget ketika konten Anda mendapatkan perhatian besar dari publik, Anda dihubungi oleh sebuah majalah dan portal yang berhubungan dengan industri Anda untuk meminta ijin kepada Anda agar mereka dapat memosting artikel Anda di situs mereka.

Langkah keempat: Dapatkan word of mouth gratis dengan menggunakan viral marketing

Viral marketing merupakan sebuah cara bagi Anda untuk menyebarkan pesan marketing Anda seperti layaknya sebuah virus. Anda mendorong orang lain untuk menyebarkan informasi mengenai situs Anda kepada orang lain, dan Anda menggunakan word of mouth publik untuk mempromosikan bisnis Anda. Ketika Anda menyebarkan “Virus” tersebut, maka hal tersebut akan menyebar dengan sendirinya.

Ingin melihat contohnya? Coba lihat Hotmail.com, sebuah layanan email berbasis web. Pada setiap email yang dikirimkan dari Hotmail, ada satu buah pesan:

“Get your free, private email from MSN at http://www.hotmail.com

Berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk memasukkan satu buah kalimat tersebut ke dalam layanan email mereka? Tidak butuh waktu lama, tetapi lihatlah efek yang diberikan dari strategi tersebut pada pertumbuhan bisnis mereka. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, lebih dari 35 persen setiap email pengguna menggunakan akun Hotmail.

Anda dapat menduplikasi strategi ini dengan melakukan hal sederhana seperti “sebarkan informasi ini menggunakan link” pada bagian akhir newsletter, dengan kalimat seperti:

“Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan kirimkan kepada teman Anda!”

Dengan meminta pembaca untuk melakukan sebuah tindakan dan mengirimkan newsletter, Anda telah mengadopsi strategi word of mouth untuk bisnis Anda tanpa biaya apapun.

Berikut ini merupakan empat ide yang dapat diterapkan untuk menciptakan viral marketing:

  • Memberikan artikel gratis yang memiliki link “sebarkan informasi ini menggunakan link”
  • Memberikan gratis demo produk Anda
  • Menawarkan free trial pada layanan Anda dengan tombol share pada bagian bawah halaman
  • Mengadakan kontes untuk situs Anda
  • Mengadakan program afiliasi

Seperti yang Anda lihat, Anda tidak perlu menjadi Hotmail berikutnya untuk memulai viral marketing. Hanya dengan mendorong orang  –  orang untuk berbagi informasi tersebut kepada teman mereka, Anda sudah dapat menarik trafik dari word of mouth.

Langkah kelima: Mendapatkan link gratis dari website bertrafik tinggi lainnya

Meminta atau bertukar link dari sebuah website yang memiliki trafik tinggi membutuhkan usaha yang tidak berat, tetapi hal tersebut dapat memberikan efek yang begitu besar kepada website Anda. Mengapa demikian? Jika situs Anda memiliki fitur link dengan situs besar pada industri yang Anda geluti, dan situs tersebut menarik banyak perhatian, maka situs Anda akan mendapatkan keuntungan dari tampilan yang diberikan situs tersebut.

Memulai strategi ini sangatlah mudah, tetapi Anda harus mengikuti proses standar setiap kali Anda meminta link. Mari kita breakdown hal ini menjadi beberapa langkah:

  • Lakukan riset pada Google untuk mencari kata kunci yang akan membuat orang – orang mengunjungi situs Anda.
  • Buat catatan dengan detil sepuluh situs yang sering muncul pada kata kunci utama Anda.
  • Gunakan Alexa Toolbar, Link Popularity atau Technorati untuk menemukan dimana situs tersebut terhubung dengan mereka dan berapa banyak trafik yang mereka terima, dan cari tahu kontak informasi mereka.
  • Sebelum membuat kontak, pastikan bahwa Anda mengetahui URL situs tersebut dengan benar, URL dari sub halaman yang Anda inginkan agar link Anda muncul, nama pemilik situs tersebut atau webmasternya, tanggal terakhir Anda berkunjung ke situs mereka, dan deskripsi singkat konten situs tersebut.

Ketika Anda sudah siap untuk menghubungi pemilik website tersebut dan meminta link atau bertukaran link, tulis email secara pribadi, jangan menggunakan bentuk surat. Pastikan Anda juga memberikan komentar positif mengenai website tersebut, informasi mengenai diri Anda, dan situs Anda (bersama dengan URL situs Anda), penjelasan mengapa link Anda akan memberikan mereka keuntungan, dan cara menghubungi Anda, jika mereka berminat.

Anda harus membuat permintaan Anda secara mendalam dan profesional. Jika Anda dapat mempresentasikan sebuah argumen yang persuasif mengapa dengan bertukaran link akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk membangun koneksi. Dan jika Anda benar – benar sangat menginginkan untuk meletakkan link Anda pada website tersebut, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk memberikan mereka komisi. Investasi tersebut dapat menjadi sesuatu yang berharga ketika Anda ingin menyebarkan pesan marketing Anda.

Jika ada seseorang yang ingin bertukaran link dengan situs Anda, saran saya adalah jangan menyetujuinya dengan mudah. Pilihlah dengan baik. Lakukan pertukaran link hanya dengan situs yang dapat merekomendasikan bisnis Anda dengan baik.

Langkah keenam: Membuat banyak website mempromosikan bisnis Anda secara gratis

Bayangkan ratusan, hingga ribuan website mempromosikan produk atau layanan Anda tanpa mengeluarkan uang sedikitpun hingga seseorang berhasil memberikan penjualan. Hal ini sering dikenal sebagai program afiliasi.

Program afiliasi yang juga dikenal sebagai reseller merupakan cara yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Untuk setiap pelanggan yang melakukan pembelian pada produk atau jasa Anda, Anda memberikan mereka komisi. Dan karena Anda hanya membayar ketika Anda mendapatkan uang, maka bisa dikatakan bahwa ini merupakan cara yang memiliki resiko rendah.

Begini caranya: Afiliasi Anda akan mengirimkan Anda pengunjung ke situs Anda menggunakan iklan banner, text link, referral link, dan lain – lain, dan Anda harus memantau semua ini dengan sebuah program spesial. Ini merupakan cara yang sangat powerful untuk mengembangkan bisnis Anda karena hal ini akan secara otomatis memberikan Anda trafik. Untuk memulai program afiliasi, Anda harus melakukan:

  • Menghitung komisi yang akan diberikan. Untuk membuat afiliasi Anda termotivasi, Anda harus membayar mereka sekitar 40 hingga 50 persen dari keuntungan Anda pada setiap transaksi.
  • Cari software yang dapat melakukan tracking penjualan afiliasi Anda, agar Anda tahu berapa jumlah yang harus Anda bayarkan kepada mereka.
  • Sediakan afiliasi Anda dengan tools yang dapat mereka gunakan untuk mempromosikan produk Anda, contohnya email, banner, dan lain – lain.
  • Rekrut lebih banyak afiliasi. Carilah situs yang memiliki target pasar yang sama dengan Anda, dan ajak mereka bergabung untuk menjadi afiliasi Anda.

Program afiliasi merupakan cara yang ideal untuk mengotomatisasikan trafik website, karena orang lain yang melakukan pemasaran untuk Anda. Dan untungnya adalah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, hingga mereka memberikan Anda pelanggan yang melakukan pemebelain dari Anda.

Sekarang, untuk langkah terakhir, mari kita membicarakan apa saja yang Anda butuhkan untuk menjaga agar trafik Anda terus datang ke situs Anda berulang – ulang.

Langkah ketujuh: Gunakan email marketing untuk menarik pelanggan tetap

Mendapatkan trafik yang begitu banyak merupakan hal yang luar biasa, tetapi jika Anda tidak mampu mendapatkan kontak informasi, seperti nama dan alamat email pengunjung Anda, itu artinya Anda telah kehilangan lead untuk melakukan penjualan. Jika seorang pengunjung meninggalkan situs Anda tanpa membeli apapun, maka ada kemungkinan bahwa mereka tidak akan kembali ke situs Anda lagi, dan Anda tidak akan dapat melakukan follow up kepada mereka.

Ingatlah bahwa sangat penting bagi Anda untuk membuat mereka melakukan pendaftaran pada situs Anda sejak pertama kali mereka berkunjung ke situs Anda agar Anda dapat mengumpulkan kontak informasi mereka dan mengirimkan pesan melalui email untuk melakukan follow up dan membuat mereka terus mengingat situs Anda. Butuh ide mengenai email yang dapat Anda kirimkan untuk follow up ke pelanggan Anda? Coba beberapa ide ini:

  • Setiap bulan atau dua minggu sekali, kirimkan newsletter untuk memberikan tips dan informasi lainnya yang berguna bagi mereka
  • Laporan gratis untuk topik yang akan dihargai oleh pasar Anda
  • Menjawab beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai produk Anda
  • Memberikan penawaran yang mirip atau komplementer dengan produk yang sudah pernah Anda tawarkan kepada mereka
  • Gratis untuk mencoba produk akan memberikan pelanggan berpotensi Anda untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh produk atau layanan yang Anda tawarkan
  • Penawaran untuk downgrade untuk sebuah produk agar dapat dijangkau oleh pelanggan Anda

Kesimpulan

Tentu saja, banyak yang sudah kita bahas pada artikel berikut ini, jadi saya berpikir akan lebih baik jika saya mengatakan bahwa sebelum Anda menerapkan strategi yang sudah saya sebutkan di atas, Anda harus melakukan riset lebih banyak pada setiap topik di atas agar Anda dapat memahami taktik ini dengan lebih mendalam. Apa yang sudah saya berikan adalah sebuah jalan yang dapat Anda lakukan ketika Anda pertama kali, agar website Anda memiliki tingkat konversi yang tinggi dan menjalankan sebuah kampanye untuk mendapatkan trafik dengan efektif sehingga dapat mendatangkan pelanggan berpotensial ke website Anda. Dengan membaca lebih banyak pada setiap topik yang sudah saya sebutkan di atas, akan membantu Anda memahami dengan tepat apa yang harus Anda lakukan untuk membuat situs Anda sukses.

Sebelum saya mengakhiri artikel ini, saya ingin memberitahukan satu hal kepada Anda. Selama bertahun – tahun, saya menyadari bahwa hal yang membuat seseorang berhasil dalam bisnis online adalah mereka fokus untuk mengimplementasikan satu atau dua strategi pemasaran dengan sangat baik.

Jadi, jangan berpikir bahwa Anda harus menjadi seorang ahli untuk menerapkan semua strategi yang sudah dibahas pada artikel ini. Fokuslah pada satu atau dua hal yang menurut Anda sangat penting untuk dilakukan, karena mungkin hanya hal tersebut yang dapat meningkatkan trafik situs Anda secara drastis.


Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait