6 Strategi untuk membuat blog sukses

6 Strategi untuk membuat blog sukses

Membuat sebuah blog yang sukses memang tidak mudah karena selain membutuhkan strategi khusus, Anda juga harus memiliki komitmen yang besar agar blog yang Anda buat dapat terus berjalan dan memberikan konten – konten yang bermanfaat.

Berikut ini merupakan enam langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat blog Anda sukses dan menarik banyak pengunjung,

 

Tentukan target audiens untuk blog Anda

Cara terbaik membangun audiens untuk berbagai macam jenis blog adalah dengan berhati – hati dan mendefinisikan dengan jelas target pasarnya dengan benar dari awal, kemudian buatlah konten yang menarik bagi audiens tersebut.

Fokuslah pada niche audiens yang sudah Anda tentukan dan kembangkan konten – konten tertentu secara spesifik untuk orang – orang tersebut. Pastikan bahwa konten yang Anda buat memang sesuai dengan target audiens Anda dan menarik bagi mereka, karena hal ini akan mempermudah Anda untuk mempromosikan blog Anda.

Semakin dalam Anda dapat mendefinisikan target audiens Anda, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi orang – orang tersebut, memenuhi kebutuhan mereka melalui konten Anda, dan menjangkau mereka dengan iklan dan pesan marketing Anda.

Target pasar atau audiens yang Anda identifikasi untuk konten online dapat di definisikan menggunakan satu atau beberapa kriteria, atau karakteristik demografi, seperti:

  • Umur
  • Member klub
  • Edukasi
  • Area geografik
  • Hobi
  • Tingkat pendapatan
  • Status pernikahan
  • Pekerjaan
  • Kepercayaan
  • Jenis kelamin
  • Ketertarikan khusus

 

Buat konten atau topik yang unik pada blog Anda

Anda sebagai blogger merupakan seorang individual yang unik. Untuk membuat blog Anda terlihat berbeda daripada yang lainnya, pastikan bahwa Anda menggunakan pengetahuan, suara, dan personality Anda ke dalam blog. Ini merupakan cara yang paling mudah untuk membedakan diri Anda dengan kompetitor Anda.

Anda juga dapat memberikan perbedaan pada blog Anda dengan meletakkan sumber informasi, fakta – fakta atau data riset atau memadukannya dengan pemikiran unik, ide, sudut pandang atau keahlian Anda ke setiap konten yang Anda buat.

Lakukan riset untuk mengetahui bagaimana cara blogger atau website lain dalam menyajikan informasi yang sama dan kemudian kembangkan cara yang lebih inovatif daripada mereka atau lebih unik. Cara yang dapat membuat konten Anda diingat oleh orang lain. Anda harus terus mengikuti setiap aktifitas kompetitor Anda, dan jaga agar konten Anda tetap up-to-date terhadap tren yang sedang terjadi saat ini.

Strategi penting lainnya dalam membuat atau meluncurkan sebuah blog sukses adalah dengan mengembangkan konten yang belum tersedia dalam dunia blog atau web. Semakin unik dan inovatif konten yang Anda ciptakan, maka blog Anda mendapatkan lebih banyak audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, dan tentu saja akan lebih mudah bagi Anda untuk membangun follower.

 

Tambahkan konten baru secara rutin

Untuk membangun dan menjaga kestabilan audiens, tambahkan konten blog Anda secara rutin. Setiap konten baru yang Anda ciptakan harus memenuhi kebutuhan audiens Anda, tawarkan sebuah konten yang mereka anggap berharga atau memiliki value. Jangan lupa untuk membangun konten disekitar topik yang sudah Anda terbitkan sebelumnya agar Anda dapat menautkan link antar konten.

Untuk membuat blog Anda menjadi sukses, Anda harus terus berada pada seputar topik yang sama dan memenuhi apa yang mereka inginkan dan mereka harapkan. Hal ini dapat Anda lakukan jika Anda benar – benar memahami siapa audiens Anda dan apa yang mereka inginkan, jika Anda sudah mengetahuinya maka Anda dapat berfokus pada hal tersebut.

Ketika Anda sudah menentukan jadwal rutinitas untuk menerbitkan konten baru, maka sangat penting bagi Anda untuk terus mengikuti jadwal tersebut, jadi rencanakanlah dengan baik dan jangan terlalu ambisius. Anda lebih baik menjanjikan konten baru setiap minggu sekali kemudian menerbitkannya dua atau tiga kali dalam seminggu jika memiliki kesempatan, daripada menjanjikan konten baru setiap hari namun tidak dapat Anda tepati.

 

Ubah blog Anda menjadi komunitas online yang interaktif

Daripada berfokus pada penerbitan konten eksklusif, kembangkan blog Anda menjadi komunitas online yang interaktif. Dorong audiens agar mereka mau memberikan feedbackdan komentar, berinteraksilah dengan mereka, bagikan ide mereka, dan perbaharui konten Anda dengan menambahkan informasi yang mereka berikan.

Pastikan Anda memiliki tombol “Share” pada setiap halaman konten Anda. Buatlah agar para pembaca blog Anda dapat dengan mudah membagikan informasi tersebut melalui email, Facebook, Twitter, Google +, dan LinkedIn. Hampir setiap platform blogging menawarkan widget yang dapat dengan mudah di integrasikan dengan tombol “Share”. Dengan melakukan hal ini akan membantu Anda membangun audiens melalui word-of-mouth secara virtual.

 

Promosikan blog Anda secara terus menerus

Butuh waktu untuk membangun ratusan ribu atau jutaan audiens. Untuk meraih tingkat kesuksesan ini, maka Anda membutuhkan kegiatan marketing, promosi, dan bahkan iklan berbayar. Banyak blogger sukses bergantung pada media umum untuk membuat blog mereka dikenal publik dan membantu mereka membangun audiens. Mempromosikan blog Anda secara rutin merupakan hal yang sangat penting, sama penting seperti Anda menambahkan konten baru.

 

Buat agar tampilan blog, desain secara umum, dan konten terlihat profesional

Selalu tampilkan image profesional, terlepas dari apapun subjek atau audiens Anda. Tampilan desain keseluruhan blog Anda harus terlihat profesional, dan nyaman untuk dibaca dan dipahami.

Selain itu, pastikan juga untuk mengedit dan mengoreksi pekerjaan Anda dengan hati – hati untuk menghindari kesalahan. Kesalahan ejaan atau tata bahasa dalam blog Anda akan membuat kredibilitas Anda menurun dan membuat blog Anda terlihat amatir.

 

Sumber : Kerjayuk.com

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait