5 Tanda karyawan Anda akan keluar dari pekerjaan

5 Tanda karyawan Anda akan keluar dari pekerjaan

Keluar dari pekerjaan bukanlah perkara mudah, banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seorang karyawan ingin keluar dari pekerjaan, diantaranya adalah: hubungan dengan atasan atau rekan kerja yang menjadi renggang karena terjadi konflik, pendapat Anda tidak lagi dihargai, politik kantor yang kotor, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui apakah karyawan Anda akan resign dalam waktu dekat, perhatikan lima tanda berikut ini:

1. Mereka melakukan absensi pulang tepat waktu

Seperti tanda – tanda pada umumnya yang dilakukan oleh karyawan yang ingin keluar, mereka datang terlambat atau pulang lebih awal. Tentu saja hal ini harus dibandingkan dengan aktivitas mereka yang dulu, apakah mereka memang sering datang terlambat atau pulang lebih awal. Jika mereka melakukan hal tersebut ketika sedang ada proyek besar yang baru, maka hampir bisa dipastikan bahwa mereka sudah tidak lagi memprioritaskan pekerjaan mereka dan ini merupakan tanda bahwa tidak lama lagi mereka akan keluar.

2. Mereka tidak bersahabat dengan rekan kerja

Dengan memutuskan hubungan personal dengan rekan kerja akan membuat seseorang lebih mudah untuk keluar. Mereka tahu bahwa sebentar lagi mereka tidak akan bertemu dengan rekan kerja mereka lagi, dan jika mereka memiliki koneksi yang nyata dengan rekan kerja mereka, maka dengan membuat jarak dengan rekan kerja mereka merupakan cara yang terbaik untuk membuat mereka merasa lebih mudah ketika keluar dari pekerjaan. Namun semua ini bergantung pada kemampuan sosial mereka, dan seorang manajer yang berpengalaman pasti dapat mengetahuinya.

3. Mereka baru saja mendapatkan gelar, lisensi, atau sertifikat lainnya

Ada beberapa kasus, di mana karyawan telah menyelesaikan pendidikannya dan kemudian mereka memutuskan untuk pindah ke tempat atau posisi yang lebih baik daripada perusahaan saat ini. Ini merupakan hal yang umum terjadi, karena seorang karyawan yang memiliki gelar yang lebih baik, tentu akan mengejar karir atau pendapatan lebih besar dibandingkan dengan yang mereka miliki saat ini.

4. Ada perubahan besar yang terjadi pada perusahaan

Ini merupakan hal yang sangat tricky, karena ketika ada banyak hal atau perubahan yang terjadi pada perusahaan, Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada beberapa karyawan yang tidak suka dengan perubahan tersebut, dan inilah terkadang yang menjadi alasan mengapa mereka ingin keluar dari pekerjaan. Beberapa perubahan yang dapat membuat mereka keluar diantaranya adalah turnover yang terlalu tinggi (terutama bagian manajemen), atau peraturan baru perusahaan yang dilihat sebagai sesuatu yang strict. Setiap orang pasti memiliki kebiasaan, dan apabila kebiasaan tersebut berbenturan dengan peraturan perusahaan, pasti akan membuat mereka tidak nyaman, dan hal itulah yang membuat mereka memutuskan untuk keluar dari pekerjaan.

5. Mereka baru saja mengalami sebuah event besar yang positif dalam hidup mereka

Dari menikah hingga memiliki anak, tentu merupakan hal yang besar yang terjadi pada kehidupan mereka, namun hal ini juga bisa menjadi masa transisi bagi mereka. Dengan banyaknya hal yang harus membuat mereka fokus, mereka mungkin akan berpikir bahwa mereka tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan pekerjaan mereka lagi.

Dengan menyadari lebih awal tanda – tanda seorang karyawan akan keluar, akan memberikan Anda keuntungan ketika Anda ingin mempertahankan mereka atau mempersiapkan karyawan baru untuk menggantikan posisi mereka, oleh karena itu perhatikan keadaan di sekitar Anda.


Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait