Pelindo III Terbitkan Kartu E-Port Khusus Pelabuhan

Kategori Ekonomi, September 20, 2017, Dilihat sebanyak 110 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Tiga bank BUMN mendukung pemanfaatan transaksi nontunai di Pelabuhan Benoa, Bali, dengan menerbitkan kartu uang elektronik khusus (e-port) yang ditargetkan dapat menciptakan efisiensi dan kecepatan pelayanan masyarakat.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra mendukung dan mengapresiasi untuk masuk ke Pelabuhan Benoa Bali membayar tiket menggunakan "E-Port Card" atau pembayaran secara elektonik.

"Penerapan pelayanan untuk pembayaran tiket masuk ke kawasan Pelabuhan Benoa adalah konsep E-Port yang merupakan salah satu bentuk transportasi layanan Pelindo III dengan mengandeng perbankan yang selama ini sudah bekerja sama pada segmen bisnis kepelabuhan di Pelabuhan Benoa," kata Ashkara Danadiputra di sela-sela peluncuran E-Port Pelabuhan Benoa.

Sementara  Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Putu Bagus Kresna,saat ditemui awak media Putu Bagus mengungkapkan bahwa kerjasama tersebut merupakan rangkaian tindak lanjut dari Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Implementasi Sistem Pembayaran Elektronik di Pelindo III di Semarang (2/8) lalu.

Hal ini merupakan langkah awal kedua korporasi untuk mengembangkan transaksi non tunai di pelabuhan-pelabuhan kawasan Indonesia Timur. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Bank Indonesia (BI) yang menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Pelindo III dalam hal penggunaan Uang Elektronik.

Penggunaan Kartu TapCash E-Port ini diharapkan mampu mengurangi antrian saat pembayaran di gerbang masuk ke pelabuhan. Kartu ini juga lebih efisien karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, dan seluruh transaksi dapat terekam dengan baik.

Ada sekitar 15.000 kendaraan yang keluar masuk gerbang pelabuhan Benoa setiap harinya, mulai dari truk hingga kendaraan roda dua. Mereka merupakan target pengguna E-Port pada tahap awal. Saat ini, BNI TapCash merupakan salah satu uang elektronik yang telah digunakan sebagai pendukung E-Port di dua pelabuhan yang dikelola Pelindo III, yaitu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Benoa, Bali.

“BNI sebagai partner keuangan dengan total financial solution, melihat nasabah bukan hanya dari kebutuhan keuangan saat ini saja melainkan dengan strategis melihat kebutuhan kedepan, sehingga BNI dapat memberikan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional Pelindo III dalam pengelolaan keuangan perusahaan secara efektif, efisien dan terintegrasi,” ujarnya.

Kartu E-Port merupakan uang elektronik dalam bentuk kartu yang dikhususkan bagi para pengguna Jasa.
 


Sumber:

Like & Share berita ini

loading...

Tulis komentar anda.


You can use the following HTML tags: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>


CAPTCHA Image
Reload Image


KOMENTAR
HEADLINES POPULER BISNIS BALI


POST ekonomi LAINNYA