Dibawah Nasional, Inflasi Bali ‎0.92 Persen

Dibawah Nasional, Inflasi Bali ‎0.92 Persen

Bulan Juli 2015, Provinsi Bali kembali mengalami inflasi sebesar 0.92 persen (mtm) atau sebesar 1.76 persen (ytd). Inflasi kumulatif Tahun Kalender Januari s/d Juli 2015 ini masih tercatat sebagai inflasi terendah selama 7 tahun terakhir di Provinsi Bali. Tidak jauh berbeda dengan kondisi nasional yang mengalami inflasi sebesar 0.93 persen (mtm) atau 1.90 persen (ytd), tekanan inflasi di Bulan Juli 2015 disebabkan karena kenaikan harga berkenaan dengan Libur Sekolah dan Hari Raya Keagamaan (Galungan, Idul Fitri dan Kuningan) yang terutama terjadi pada kelompok transportasi, bahan makanan, pendidikan, kesehatan, komunikasi, dan jasa keuangan.

Menurut Dewi Setyowati Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali di Denpasar mengatakan secara spasial, tekanan inflasi terjadi di seluruh kota sampel penghitungan Inflasi di Bali, terutama di Kota Denpasar. Kota Denpasar mencatat inflasi sebesar 0.93 persen (mtm) atau 1.78 persen (ytd), meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sama halnya dengan Singaraja, tekanan inflasi bulanan Juli 2015 menunjukkan pergerakan inflasi sebesar 0.87 persen (mtm) atau sebesar 1.69 persen (ytd).

Menanggapi tingginya inflasi di Bulan Juli 2015 yang terjadi secara nasional dan merata di seluruh Kota di Indonesia, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali akan terus berupaya melakukan pengendalian harga baik melalui forum koordinasi dan langkah tindak lanjut dengan SKPD terkait. Program kerja TPID akan difokuskan pada aspek Produksi, Distribusi, serta menjaga ekspektasi masyarakat melalui sosialisasi dan publikasi serta memberikan himbauan (moral suasion) kepada masyarakat mengenai hal-hal yang diperlukan dalam upaya menjaga stabilitas harga. 

Menghadapi pergerakan harga di Semester II Tahun 2015, TPID Provinsi Bali optimis bahwa dengan berbagai kegiatan pengendalian inflasi, stabilitas harga dapat terjaga sehingga akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. 


Ditayangkan sebelumnya dari situs Redaksi
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait