Kabardewata.com

Berita Utama

Cok Ace : Pengurus Museum Harus Hebih Kreatif Untuk Mendatangkan Wisatawan

Kategori Berita Utama, May 23, 2014, Dilihat sebanyak 101 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Berdarkan data Dinas Pariwisata Bali museum tidak masuk kedalam tempat 10 besar yang dikunjungi wistawan. Pada tahun 2013 lalu wistawan mancanegara datang ke Bali mencapai 3 juta jiwa, namun wisman yang mengunjungi museum hanya 191 ribu orang. Artinya museum belum menjadi tujuan utama wistawan datang ke Bali.

 

 Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyatakan, pengurus museum harus lebih kreatif. Bukan saja pada koleksinya, tapi bagaimana mereka menginformasikan koleksinya kepada pengunjung museum.
Selian itu juga  juga harus bekerjasama dengan ASITA, PUTRI, dan HPI mencari solusi kenapa kunjungan wistawan ke museum selalu menurun.

 

"Kenapa museum ini harus bekerjasama dengan asosiasi, karena asosiasia seprti HPI karena mereka yang membawa tamu. Seperti HPI para guide ini akan mempromosikan dan menjelaskan tentang museum, untuk itu kami berharap pengurus yang baru ini segera merapat,"jelasnya.

 

Cok ace menambahkan, tidak semua museum memiliki website, wistawan akan datang ketempat wisata sesuia dengan informasi yang diterima.

 

Menurut ketua PHRI Bali ini, kunjungan wisman ke museum pasti meningkat, tapi peningkatnya tidak proposional. Antara kunjungan wisatawan datang ke Bali yang berkunjung ke museum tidak berimbang.
"Untuk angka pastinya kami tidak hafal, yang jelas kunjungan wisatawan ke museum antara dulu dan sekarang lebih banyak dulu," ucapnya.

 

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum menurut Cok Ace yang pertama diperbaiki adalah koleksinya, selain itu harus kreatif dalam menyajikannya.
"Kami kira sekarang ini museum menjadi pilihan terakhir tempat wisata. Pemerintah saat ini harus mengcover museum. Sebab mereka tidak mungkin bisa berdiri sendiri, harus ada yang menyokongnya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image