Kabardewata.com

Berita Utama

Belum Capai Target, Gubernur Pastika Minta Birokrat Fokus Kelola Anggaran

Kategori Berita Utama, August 13, 2015, Dilihat sebanyak 101 kali, Post oleh Rusadi Nata


Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak para jajarannya untuk lebih fokus dan bekerja lebih keras , mengingat sejumlah kegiatan laporan fisik dan keuangannya belum mencapai target yang ditentukan. Demikian disampaikannya saat memberikan pengarahan kepada para Kepala SKPD pada acara Rapat Kerja Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Pemerintah Provinsi Bali Triwulan II Tahun 2015 di Ruang Wiswa Sabha Utama, Denpasar.

Menurut Pastika pengendalian realisasi tersebut bukan hanya sekedar untuk pelaporan melainkan juga kesadaran dari masing – masing SKPD akan pentingnya manajemen pengelolan anggaran yang baik dan profesional. Disampaikan Pastika, pelaksanaan evaluasi triwulan tersebut merupakan langkah untuk mengetahui pencapaian secara periodik pembangunan daerah, efektifitas dan efisiensi setiap program yang dilakukan oleh masing – masing SKPD. Selain itu evaluasi tersebut juga mampu untuk mengetahui tingkat kinerja serta pelayanan publik yang telah diberikan oleh masing – masing SKPD tersebut.

 Ke depannya Pastika menginstruksikan para kepala SKPD untuk melaksanakan evaluasi dan akselerasi program di triwulan selanjutnya sekaligus mengawasinya sehingga tidak hanya sekedar program oriented melainkan bagaimana program tersebut dapat diterima oleh masyarakat dengan baik dan tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Bali I Nengah Laba dalam menyatakan bahwa secara makro, perkembangan ekonomi Bali mengalami penurunan dari 7,88% di Triwulan IV 2014 menjadi 6,20% di Triwulan I 2015, walaupun angka tersebut lebih besar dari angka pertumbuhan ekonomi nasional yakni 4,71%. Menurutnya hal tersebut terjadi sebagai akibat dari investasi yang menurun karena sikap para investor yang hanya “wait and see”, nilai tukar rupiah terhadap dolar yang selalu melemah serta perbaikan perekonomian dunia yang tidak sebaik tahun – tahun sebelumnya walapun di bidang akomodasi Bali mengalami peningkatan dari 7,46% menjadi 7,53% di tahun 2015. 

Sementara itu terkait dengan realisasi fisik dan keuangan di seluruh SKPD Provinsi Bali, Laba menyatakan target fisik di triwulan II sebesar 45,03% hanya mampu terpenuhi sebesar 44,63% sementara untuk realisasi keuangan hanya 28,29% dari target 51,14%. Kurang terpenuhinya target tersebut menurutnya dikarenakan keterlambatan pembuatan administrasi dan banyaknya kegiatan yang baru dilaksanakan di triwulan berikutnya karena jadwal kegiatan yang diundur sebagai akibat dari keterlambatan aturan yang mendukung serta masih ada kegiatan yang dalam proses lelang ulang karena kesalahan spesifikasi teknis dan tidak adanya rekanan yang memenuhi syarat.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Lainnya