Kabardewata.com

Berita Utama

Bank Umum dan BPR Diharapkan Sinergitas Salurkan KUR

Kategori Berita Utama, February 24, 2016, Dilihat sebanyak 138 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kabardewata - Pasca penerapan kebijakan soal penurunan bunga pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR), banyak debitur di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang beralih ke Bank Umum. Kejadian itu cukup beralasan, karena bunga di BPR jauh lebih tinggi dibandingkan Bank Umum sebagai penyalur KUR yang mampu memberikan bunga hanya 9 persen. 

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Bali dan Nusa Tenggara, Zulmi kepada wartawan, di Denpasar, mengakui, kondisi itu cukup dikeluhkan oleh pelaku BPR di Pulau Dewata. Menyikapi kondisi itu, pihaknya meminta adanya sinergitas diantara Bank Umum dengan BPR. Ia tak memungkiri, dengan berpindahnya para debitur, akan berimbas pada pendapatan BPR, khususnya dari bunga pinjaman. 

''Bayangin saja, kalau debitur-debitur itu pindah, darimana BPR itu hidupnya. Jadi dalam rangka penyaluran KUR, agar BPR itu dapat tumbuh, Bank-bank umum itu diminta untuk kerjasama dengan BPR dalam rangka penyaluran KUR,"katanya.

Zulmi mengungkapkan, pemerintah sudah mengeluarkan patokan subsidi perihal penyaluran KUR oleh Bank Umum. Namun untuk kerjasama itu, pihaknya tetap memberikan otoritas penuh kepada Bank Umum, untuk menunjuk BPR yang akan diajak bekerjasama dalam penyaluran KUR. 

"Tentunya disini kita mendapatkan manfaat lain dari kerjasama ini, agar BPR di Bali ini dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja. Karena yang efisien dan kinerjanya baik itulah yang nanti akan diajak bekerjasama oleh Bank Umum,''ungkapnya. 

Zulmi mengaku, sejauh ini baru 1 Bank ''Plat Merah"yang sudah melakukan kerjasama dengan BPR dalam penyaluran KUR, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Sedangkan yang lain, seperti Bank Mandiri dan BRI, masih dalam tahap penjajakan, untuk kemudian dapat direalisasikan dengan kerjasama yang komperhensif.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image