Kabardewata.com

Berita Utama

Bank Mega Optimis Penyaluran Kredit Membaik

Kategori Berita Utama, April 11, 2018, Dilihat sebanyak 72 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Bank Mega Area Bali Nusa Tenggara optimis penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dan penyaluran kredit di Bali akan menujukkan pertumbuhan yang baik pada triwulan I 2018. Optimisme tersebut seiring potensi membaiknya kondisi ekonomi Bali pascakondisi Gunung Agung.

Area Manager Bali & Nusa Tenggara Bank Mega, Ardhana Febrianaji di Teuku Umark kemarin mengatakan, kinerja bank hingga triwulan I bergerak positif.

 

 Berdasarkan data hingga Februari 2018, DPK tumbuh 15 persen dari akhir 2017, sedangkan kredit tumbuh 10 persen. Bila kondisi ini stabil maka pada triwulan I kinerja bank akan membaik.

“Bila dibandingkan DPK, pertumbuhan kredit memang agak lambat karena masuk Januari-Februari proposal yang diajukan ke bank masih banyak dalam tahap pembahasan sehingga rata-rata tumbuh 5 persen,” katanya.

Selain itu, kredit belum tumbuh tinggi karena masih terpengaruh efek Gunung Agung yang masih terasa pada awal tahun.

 

 Kendati demikian, ia meyakini penyaluran kredit masih akan tumbuh mengingat Bali sebagai pintu gerbang pariwisata maka dunia usaha di sektor pariwisata masih akan tumbuh. 

“Penyaluran kredit bank di Bali lebih banyak menyasar ke sektor retail, perdagangan dan pariwisata,” ujarnya.

 

Sementara dari DPK, tertinggi berasal dari casa seperi tabungan dan deposito. Pihaknya pun mengakui, animo masyarakat menyimpan dana masih tergolong tinggi. Itu terlihat pula pada kinerja triwulan IV 2017, DPK yang bisa dihimpun bank trans group ini yaitu sesuai target Rp 1,2 triliun lebih tinggi drai tahun sebelumnya Rp 900 miliaran.

“Tidak hanya kami juga mampu menekan risiko kredit bermasalah atau NPL di bawah satu persen dari sebelumnya 1,5 persen,” jelasnya.

Dalam upaya mendukung pertumbuhan DPK terutama dari sisi tabungan dan deposito, kata Ardhana, bank tetap mengincar penambahan dana murah. Salah satunya lewat peluncuran program undian  Mega Super Vaganza Gemilang Emas yang memberikan hadiah undian ratusan keping emas.

 

“Targetnya kami dapat tambahan dana murah dengan menyasar semua kalangan dan pelaku bisnis di Bali,” ujarnya.

Mega Super Vaganza memilih logam mulia emas sebagai hadiah undian karena merupakan investasi yang aman, mudah dicairkan, dan berisiko rendah. 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image