Kabardewata.com

Bali Bubarkan 284 Unit koperasi Tidak Aktif

Kategori , July 09, 2015, Dilihat sebanyak 78 kali, Post oleh Rusadi Nata


Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali membubarkan 284 unit koperasi tidak aktif di Bali pada 2015 ini.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra mengatakan koperasi yang dibubarkan paling banyak di Kabupaten Buleleng sebanyak 88 unit.

Adapun di Kabupaten Kota Denpasar sebanyak 86 koperasi, Bangli 41 koperasi, Badung 28 koperasi, Provinsi Bali 12 koperasi, Jembrana 10 koperasi, Tabanan 9 koperasi, Klungkung 5 koperasi, Karangasem 4 koperasi, dan Gianyar 1 koperasi.

“Mereka dibubarkan karena rata-rata semuanya tidak melakukan rapat anggota tahunan (RAT) lebih dari dua kali. Padahal setiap tahun koperasi harus melakukan RAT,” terangnya
Dia menyatakan pihaknya telah melakukan pembinaan kepada para koperasi tersebut sebelum resmi dibubarkan. Namun, meskipun telah dilakukan pembinaan, koperasi-koperasi tersebut tidak menunjukkan perubahan atau kemajuan yang positif.

Dia menyatakan sejak Januari 2015 hingga Maret 2015 semua koperasi di Bali sudah diberikan kesempatan untuk melakukan RAT dan dari data RAT tahun ke tahun nantinya terlihat mana saja koperasi yang sehat dan yang tidak sehat di Bali dan yang tidak sehat atau tidak aktif lagi harus dibubarkan.

“Kami membubarkan mereka agar tidak mengganggu keberadaan koperasi-koperasi sehat di Bali dan mereka semua benar-benar koperasi yang tidak sehat serta tidak bisa dipertahankan lagi,” jelasnya.

Dia menyatakan koperasi yang dibubarkan tahun ini merata di seluruh kabupaten dan provinsi Bali dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Jenis koperasi yang dibubarkan tahun ini bermacam-macam dan setiap kabupaten kami periksa setiap koperasi apakah aktif atau tidak,” imbuhnya.

Dia mengharapkan untuk periode selanjutnya pihaknya menargetkan koperasi yang tidak aktif di provinsi Bali di bawah 10% dan kualitas koperasi-koperasi Bali di atas 70%.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image