Ponsel Nokia Di-Charging Pakai Energi Matahari?

Ponsel Nokia Di-Charging Pakai Energi Matahari?

CALIFORNIA - Sinar matahari bisa menjadi energi alternatif untuk pengisian daya baterai ponsel. Setelah beberapa hari lalu diumumkan kemunculan smartphone Meridiist Infinite buatan perusahaan Swiss, Nokia juga tampak tertarik mengusung teknologi energi ramah lingkungan tersebut.

Teknologi pembangkit listrik tenaga matahari mungkin bukan hal yang baru. Namun, penerapan untuk pengisian baterai smartphone akan menjadi sesuatu yang inovatif.

Dilansir Ubergizmo, Rabu (9/4/2014), untuk penerapan pada smartphone, peneliti masih terus mengembangkan untuk mendapatkan tingkat efisiensi tinggi pada panel surya. Nokia tampaknya ingin menjadi vendor awal yang mengusung pengisian daya menggunakan energi matahari.

Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, terungkap gambaran mengenai teknologi pengisian daya menggunakan sinar matahari ini. Pengguna harus menyediakan lembaran panel surya seukuran tablet dan menghubungkannya ke smartphone.

Alat pengubah energi matahari menjadi listrik ini akan sangat efektif bila pengguna berada di luar ruangan, terpapar sinar matahari langsung. Meskipun demikian, pengguna juga bisa mengandalkan lampu penerangan dalam ruangan, walau energinya tidak sebesar sinar matahari.

Lucunya, dalam video berdurasi tiga menit 32 detik ini, seorang perempuan menggunakan busana yang dinamakan Nokia 'Solar Energy Suit'. Panel surya ini membungkus semua bagian tubuh penggunanya, di mana pengisian daya akan sangat optimal.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait