Kerta Gosa

Kerta Gosa

Kerta Gosa berada di pusat kota Kabupaten Klungkung. Sekitar 40 km dari kota Denpasar ke arah timur dengan melintasi by pass Prof Dr Ida Bagus Mantra. Lokasinya tepat di depan kantor Bupati Kabupaten Klungkung.

Bangunan Kerta Gosa adalah bagian dari komplek bangunan kerajaan Klungkung yang dibangun pada tahun 1686 oleh pemegang kekuasaan pertama yaitu Ida I Dewa Agung Jambe. Pada jaman dahulu Kerta Gosa adalah tempat diskusi mengenai situasi keamanan, keadilan, dan kemakmuran wilayah kerajaan Bali, atau disebut dengan tempat pengadilan di Bali pada jaman dulu.

Kerta Gosa terdiri dari dua buah bangunan, yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Bangunan Bale Kambang dikelilingi kolam yang disebut Taman Gili. Keunikan dari kedua bangunan tersebut adalah pada langit – langit bangunan terdapat lukisan wayang, yang mengambarkan kasus yang disidangkan, serta jenis – jenis hukuman yang akan diterima jika melakukan kesalahan. Disamping itu lukisan –lukisan tersebut juga menceritakan hukum karma pahala atau akibat dari baik buruknya perbuatan manusia yang dilakukan selama hidupnya dan penjelmaan kembali kedunia untuk menebus semua dosa dari perbuatannya.

Selain kedua bangunan tersebut juga terdapat museum yang ramai dikunjungi wisatawan. Museum itu menyimpan benda – benda bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung dan benda – benda yang digunakan oleh pengadilan adat tradisional Bali pada jaman dulu

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait